13 Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS) : 1. Makanlah beraneka ragam makanan. 2. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi. 3. Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi. 4. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi. 5. Gunakan garam beriodioum. 6. Makanlah makanan sumber zat besi. 7. Berikan ASI saja kepada bayi sampai umur 4 bulan. 8. Biasakan makan pagi. 9. Minumlah air bersih dan aman yang cukup jumlahnya. 10. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur. 11. Hindari minum minuman beralkohol. 12. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan. 13. Bacalah label makanan yang dikemas.

Jumat, 10 Desember 2010

Susu Berkalsium Tinggi, Baikkah?????


Sering kita mendengar bahwa kalsium berfungsi mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang dan bisanya bersumber dari susu. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh????

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh, yaitu 1,5 - 2% dari berat badan orang dewasa atau kurang lebih sebanyak 1 kg. Kalsium berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi, mengatur pembekuan darah, katalisator reaksi biologik seperti penyerapan vitamin B12 serta membantu dalam kontraksi otot.

Sumber kalsium utama adalah susu dan hasil olahannya seperti keju. Ikan dimakan dengan tulang termasuk ikan kering merupakan sumber kalsium yang baik. Serealia, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu dan tempe serta sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga, tetapi bahan makanan ini mengandung zat yang menghambat penyerapan kalsium seperti serat, fitat dan oksalat. Susu nonfat merupakan sumber kalsium terbaik, karena ketersediaan biologisnya yang tinggi. Kebutuhan kalsium akan terpenuhi bila mengkonsumsi makanan yang seimbang setiap hari.

Kembali ke pembahasan sebelumnya. Selain serat, fitat dan oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium, ternyata rasio kalsium dan fosfor juga mempengaruhi penyerapan kalsium. Pada umumnya rasio kalsium dan fosfor dalam makanan yang dianjurkan adalah 1 : 1 dan 2 : 1. Sehingga, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi, perhatikan label dari produk tersebut. Karena makanan yang Anda pilih menggambarkan keadaan Anda sebenarnya. YOU ARE WHAT YOU EAT.

-Semoga Bermanfaat-


dari: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar